Pelantikan Saka Pariwisata Angkatan III

Saka Pariwisata adalah wadah pendidikan dan pembinaan di bidang pariwisata bagi anggota Gerakan Pramuka untuk membantu, membina, dan mengembangkan kegiatan pariwisata. Dari pengertian tersebut bisa di ambil kesimpulan bahwa dengan adanya Saka Pariwisata di Kabupaten Kuningan yang berfungsi sebagai wadah pendidikan dan pembinaan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, dan pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan bidang pariwisata yang dapat menjadi bekal bagi kehidupan dan penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara, sehingga semua kemampuan tersebut dapat di realisasikan di masarakat khususnya pada bidang kepariwisataan agar Pariwisata Kuningan semakin terdorong dan maju.

 

Setiap tahunnya Anggota Saka Pariwisata di Kabupaten Kuningan terus bertambah, bahkan baru-baru ini telah dilaksanakan juga pelantikan Saka Pariwisata angkatan ke-III yang berlangsung pada hari Selasa, 21 Februari 2023 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan. Para calon anggota Saka Pariwisata dilantik langsung oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH,MH dan didampingi oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan (Dr. H. Toto Toharuddin, M.Pd.) serta disaksikan oleh seluruh Kepala Bidang dan jajarannya.

 

Dalam sambutannya, Bupati Kuningan mengatakan, kegiatan Saka Pariwisata diharapkan dapat membantu menggerakan para pemuda dan masyarakat untuk dapat berkolaborasi dengan hal-hal positif untuk mendukung pariwisata yang maju.

 

Bupati mengaku optimis, Saka Pariwisata menjadi pelopor kepariwisataan. “Saya optimis ke depan Saka Pariwisata akan menjadi pelopor kepariwisataan dan memberikan contoh baik bagi generasi selanjutnya” katanya.