Festival Angklung dan Gowes Wisata Bikin Kuningan GO-Internasional

Kementerian Pariwisata mendukung promosi pariwisata Kabupaten Kuningan, salah satunya melalui kegiatan Gowes Wisata Mengelilingi Waduk Darma Kuningan yang diadakan pada Minggu, 28 April 2019. Peserta Gowes Wisata diikuti oleh 6000 peserta terdiri dari 138 club sepeda di jawa barat, jawa tengah, dan DKI jakarta. Lokasi start dan finish kegiatan tersebut bertempat di objek wisata Waduk Darma Kuningan Jawa Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Kuningan, H Acep Purnama, dan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Kawasan Pariwisata, Anang Sutono serta jajaran pejabat dan staf di Kementerian Pariwisata.

Dalam kegiatan Gowes Wisata tersebut juga diadakan Festival Angklung dalam berbagai sajian pertunjukan yang memukau. Sejumlah penampil mempertunjukan kolaborasi apik dalam pertunjukan Angklung Internasional How to Play diantaranya JEI angklung, Rita Tila, Angklung Orcestra SMAN 3 Kuningan dan D’Calungs. Serta sejumlah sanggar, komunitas, dan pelajar daerah jawa barat serta penampilan angklung dari 5 negara yaitu Madagaskar, Ukraina, Uzbekistan, Jepang, dan Filipina.

Berbagai atraksi wisata rutin digelar di kabupaten tersebut. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan Kuningan sebagai destinasi Internasional.

Seperti #FestivalAngklungInternasional dan #GowesWisataWadukDarma misalnya. Berbagai door prize menarik disiapkan bagi para pesertanya. Dari mulai sepeda, tv, kulkas, hingga sepeda motor. Dan yang paling wow adanya door prize paket Umroh bagi peserta yang beruntung.

Kegiatan tersebut jg menghadirkan Angklung Orchestra JEY Angklung, serta DJ Angklung Renteng dari Kuningan. Ada juga penampilan Angklung Orchestra SMP YOS SUDARSO serta penampilan Angklung SMA 3 Kuningan. Dan yang paling heboh penampilan artis Rita Tila. Mereka akan berkolaborasi menyajikan pertunjukkan Angklung yang menarik. Dilanjutkan festival angklung tingkat SLTA se Kuningan.

Untuk Goes track yang dilaluinya di desain melewati berbagai destinasi Waduk Darma. Sehingga potensi lain dari pariwisata Waduk Darma juga ikut terekspose. Begitu juga dengan hiburannya. Di set dengan menampilkan kekayaan seni budaya Angklung yang telah mendunia. Yg di kolaborasikan dengan berbagai musik modern sehingga makin menarik,”