Atlet Kabupaten Kuningan Sumbang 5 Emas di Ajang Peparnas XVI Papua

DISPORAPAR Kabupaten Kuningan – Sejumlah atlet asal Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kembali memberikan prestasi terbaiknya di ajang Pekan Paralimpiade Nasional XVI Papua. Pasalnya Kuningan berhasil menyumbang 5 medali emas untuk Jabar di ajang Peparnas Papua. Hal ini mengulang kesuksesan atlet asal Kuningan saat berlaga di PON Papua beberapa waktu lalu. Masing-masing medali emas diraih para atlet di beberapa cabang olahraga.

Lima medali emas masing-masing disumbangkan 2 dari Cabang Atletik, 2 dari Tenis Meja dan 1 dari Cabang Catur. 

Pengurus National Paralympic Comitte Indonesia (NPCI) Kabupaten Kuningan, Elon Carlan M. Pd, saat dihubungi media, Ahad (14/11/2021).

“Medali emas itu diraih oleh Insan Nurhaida (nomor 100 meter putra), Indah Khoirunisa (nomor 400 meter putri), Junaedi (Cabor Tenis Meja) dan Tita Puspita (Cabang Catur). Selain itu ada 1 medali perak atas nama atlet Mimin dan 3 perunggu disumbang Atlet Yayu,” sebutnya.

Pihaknya mengaku sangat bangga ketika mengetahui kelima atlet paralimpik asal Kuningan ini bisa berprestasi di tingkat Nasional. 

“Tentu kita sangat bangga, dan ini akan kita berikan penghargaan bagi mereka. Kita akan apresiasi prestasi mereka dengan agenda sebagaimana penyambutan atlet PON beberapa waktu lalu, ” ungkap Elon, sapaannya. 

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga da

n Pariwisata Kabupaten Kuningan, Dr. H. Toto Toharudin M. Pd, juga membenarkan bahwa hari Selasa diagendakan penyambutan dan arak-arakan atlet Paralimpik asal Kuningan yang telah membawa nama daerah di ajang Peparnas XVI Papua 2021.

“Kita juga akan apresiasi prestasi mereka. Sama seperti penyambutan atlet PON XX Papua, Atlet Peparnas juga akan kita sambut di Pendopo. Sebelumnya kita arak dulu keliling Kuningan, ” ujarnya. 

Toto mengaku akan membangun Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) agar bisa meningkatkan prestasi para atlet di daerah. 

“Semoga ke depan prestasi atlet asal Kuningan akan lebih banyak lagi. Dan kita sangat berkomitmen dalam pembinaan prestasi atlet ini. Kedepan kita akan bangun PPLP, ” katanya. 

Untuk diketahui, pada pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2021 di Papua, Kontingen Jawa Barat harus puas berada di urutan kedua perolehan medali setelah Tuan Rumah.