Disporapar Kabupaten Kuningan Resmikan Obyek Wisata Cai Morys Saraeland

Repost from Kuningan, JWNcom – Kuningan mempunyai keindahan alam yang sangat indah sehingga di beberapa titik wilayah di kabupaten Kuningan banyak sekali potensi yang harus digali dan dikembangkan agar bisa menjadi sumber daya masyarakat dengan obyek wisata alam, kuliner, edukasi dan religi.

Seperti yang sekarang sedang dilaksanakan acara grand opening salah satu wisata di Desa Cisantana kecamatan Cigugur kabupaten Kuningan khususnya di kampung Palutungan yaitu obyek wisata Cai Morys Saraelands yang diresmikan oleh Disporapar kabupaten Kuningan, Minggu (20/3/2022).

Cai Morys Saraelands merupakan salah satu objek wisata yang berkonsep edukasi dengan memanfaatkan area lokasi yang cukup luas juga dengan pemandangan alam yang indah karena lokasi ini berada di atas ketinggian di bawah kaki gunung Ciremai dengan udara yang sangat sejuk.

Acara grand opening ini dihadiri oleh perwakilan pemerintah kabupaten Kuningan, Kadisporapar Kabupaten Kuningan Dr. H. Toto toharudin, M.pd, dengan para kepala bidangnya, Kapolresta Cirebon, Kaposek Cigugur, Kapolsek Kedawung Cirebon, PP DEWIKU, Camat Cigugur, Kepala desa Cisantana, tokoh masyarakat, agama.

Dalam paparan, H. Abidin sekaligus yang mewakili owner wisata Cai Morys Saraelands juga sebagai ketua PP Dewiku,ucap rasa terima kasih kepada semua pihak yang sudah hadir dalam acara grand opening wisata ini. “Semoga menjadi amal ibadah dan menjadi berkah dari Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Keberadaan wisata ini Alhamdulillah dengan perjalanan yang panjang dengan dibantu oleh semua pihak terkait. “Alhamdulillah keberadaan wisata ini sudah bisa dilaunchingkan dan tujuannya adalah untuk masyarakat yang ingin berkunjung dan beredukasi di sini dan perizinan pun kita tempuh dan rasa syukur lokasi ini sekarang menjadi obyek wisata dan mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk masyarakat,” ungkapnya.

Dalam menggerakan ekonomi kabupaten Kuningan, tambahnya, kami dari para pengelola usaha wisata untuk ikut andil dalam menggerakan perekonomian yang sudah dicanangkan pemerintah daerah dan akan terus mengembangkan dunia pariwisata di kabupaten Kuningan dan nantinya kami akan menggandeng para pelaku UMKM di kabupaten Kuningan yang mana ini juga akan menjadikan suatu pendapatan daerah. Dan kami akan terus tetap bersinergi dengan pemerintah daerah dan harapan kami wisata ini bisa menjadi tujuan wisata baru di Kabupaten Kuningan,” ujarnya.

Menurut kepala desa Cisantana, Ono suratno. A.,Md., khasanah yang baru dari kekayaan alam yang berada di daerah Cisantana di mana wisata Cai Morys Saraelands ini menjadi bagian kakayaan di desa Cisantana dan tentunya akan menambah pendapatan pemerintah daerah dan juga pemerintahan desa.

Dengan Peresmian ini diharapkan obyek wisata Cai Morys Saraelands bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di sekitar, selain itu juga kami ingin objek wisata ini dikenal oleh wisatawan nusantara dan Mancanegara,” imbuhnya.

Kadisporapar kabupaten Kuningan Dr.Toto Toharudin.,M.Pd memaparkan langkah-langkah strategis ketika Kuningan ingin maju dan berkembang harus ada kebersamaan atau sinergitas. Dan disporapar sekarang mempunyai 3 program yang sedang dijalankan untuk pengembangan dan menggali potensi di daerah. 

“Tentunya harus dengan melibatkan masyarakat desa, bersinergi dengan dinas dinas terkait dan juga dengan juga para investor, karena hampir 80% wisata di Kuningan di kelola oleh masyarakat, rasa haru dan bangga kami dari Disporapar kabupaten Kuningan atas grand opening Cai Morys Saraeland, ini merupakan aset desa juga kabupaten Kuningan dengan ridho tuhan yang maha esa mudah mudahan wisata ini bermanfaat untuk masyarakat sekitar juga bagi kita semua,” ujarnya.

Acara dilanjut dengan seremonial Gunting pita juga tanda tangan prasasti sebagai peresmian grand opening wisata Cai Morys saraeland oleh Kadisporapar Dr. Toto toharudin.,M.Pd, juga ditandatangani oleh ketua PP Dewiku, H. Abidin.(Rie).