Disporapar Kabupaten Kuningan Tingkatkan Kualitas Sdm Pemandu Wisata/Tour Guide

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan mengadakan pelatihan untuk para tour guide/ pemandu wisata  bertajuk “ Penguatan Kapasitas SDM Kepariwisataan Pemandu Wisata/ Tour Guide”. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Kelembagaan Disporapar Kabupaten Kuningan ini berlangsung selama tiga hari yaitu pada tanggal 24 s.d. 26 Februari 2020 bertempat di Auditorium Gedung Perundingan Linggarjati. Kegiatan ini ternyata mendapat respon yang sangat positif dari para pelaku usaha pariwisata khususnya para pemandu wisata, hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Kelembagaan Ani Nurhayati, SE., MM dalam laporan ketua panitia yang dibacakannya bahwa dari 30 kuota yang disediakan panitia, ternyata peserta yang hadir melebihi kuota yaitu sebanyak 39 orang yang berasal dari berbagai organisasi, pengajar SMK pariwisata, dan pengelola ODTW/ Desa Wisata yang ada di Kabupaten Kuningan.

Kegiatan bertujuan diantaranya untuk menambah pengetahuan dan keterampilan sesuai standar kompetensi untuk pelayanan di bidang pemandu wisata/ tour guide serta meningkatkan daya saing SDM para pemandu wisata. Para peserta ini nantinya akan mengikuti uji kompetensi yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 s.d 10 Maret 2020 untuk mendapatkan sertifikat dari BNSP agar bisa menjadi pemandu wisata dengan SDM yang kompeten.

Kegiatan ini tentunya merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam hal ini Disporapar Kabupaten Kuningan untuk terus meningkatkan kualitas SDM para pelaku usaha pariwisata yang ada di Kabupaten Kuningan dengan mendatangkan instruktur yang kompeten di bidangnya, yaitu berasal dari HPI (Himpunan Pramu Wisata) Jawa Barat dengan standar pengajaran 60 jam. Semoga dengan adanya pelatihan peningkatan kualitas SDM ini, pariwisata Kuningan kedepannya akan lebih maju dan berdaya saing.