Para Pemuda Dari 3 Desa Mengikuti Kegiatan Fasilitasi Penumbuhan Usaha Dan Peningkatan Kecakapan Hidup Pemuda

Sebanyak 50 orang pemuda yang berasal dari tiga desa yaitu Desa Cibuntu, desa Singkup dan Desa Paniis mengikuti kegiatan Fasilitasi Penumbuhan Usaha dan Peningkatan Kecakapan Hidup Pemuda yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan pada tanggal 26-27 Februari 2020 bertempat di Kantor Kepala Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan Kuningan. Kegiatan yang mengusung tema “Wirausaha Pemuda Mendukung Visi Terwujudnya Kuningan MAJU Berbasis Desa Tahun 2013” ini dilaksanakan dengan maksud agar para pemuda memiliki pengetahuan, sikap, keterampilan, dan motivasi untuk meningkatkan kapasitas mereka  melalui penguasaan iformasi dan teknologi dalam menunjang kewirausahaan berbasis IT.

Pemuda dengan rentang usia 16-30 tahun ini menjadi sasaran dalam kegiatan ini karena pemuda merupakan salah satu elemen pendorong dalam pembangunan desa, hal ini juga sejalan dengan visi Kuningan MAJU Berbasis Desa Tahun 2013 dimana desa menjadi ujung tombak pembangunan di Kabupaten Kuningan. Seperti yang kita tahu bahwa Kabupaten Kuningan selama 5 tahun kedepan ini menargetkan pembangunan 100 desa pinunjul dan 25 Desa Wisata. Tentunya untuk mewujudkan hal tersebut seluruh elemen pendorong pembangunan desa harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten salah satunya pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

Dengan kegiatan ini diharapkan pemuda akan lebih kreatif dan memiliki visi kedepan untuk membangun desanya masing masing serta pandai melihat potensi atau keunggulan desanya sehingga bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang bisa mendukung pembangunan sebuah desa tanpa meninggalkan kearifan lokal yang menjadi ciri khas desa tersebut serta mendukung terwujudnya visi Kuningan MAJU.