Objek Wisata Cibulan Pesona Ikan Dewa

DISPORAPAR Kabupaten Kuningan – Cibulan adalah nama sebuah obyek wisata tertua yang ada di Kuningan, Jawa Barat Indonesia, saat ini menjadi salah satu tempat liburan favorit yang diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan saat itu, yaitu R.A.A. Mohamand Achmad. Wisata Kolam Pemandian Cibulan terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat – Indonesia. Jarak antara Cibulan – Kota Kuningan sekitar 7 km sedangkan Jarak Kota  dari Cirebon – Cibulan sekitar 28 km

Di dalam objek wisata ini terdapat dua kolam besar yang berbentuk persegi panjang. Kolam pertama berukuran 35×15 meter persegi dengan kedalaman sekitar 2 meter. Sedangkan, kolam kedua berukuran 45×15 meter persegi yang dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berkedalaman 60 sentimeter dan bagian kedua berkedalaman 120 sentimeter.

Kolam di Objek wisata Cibulan Kuningan ini selalu terlihat bersih airnya, karena rutin dikuras atau diganti airnya dalam dua minggu sekali bisa lebih, tergantung kondisi kebersihan air. Setiap kolam di Cibulan dihuni oleh puluhan ikan yang berwarna abu-abu kehitaman dan disebut sebagai kancra bodas atau lebih dikenal dengan sebutan ikan dewa oleh masyarakat setempat. Ikan Dewa di Cibulan memiliki ukuran bervariasi mulai dari yang panjangnya 20 sentimeter hingga mencapai 1 meter. 

Ikan Dewa adalah sejenis ikan yang dikeramatkan oleh penduduk di sekitar wilayah Desa Manis Kidul karena dipercaya mempunyai keistimewaan tertentu. Meski semua kolam itu dihuni puluhan ikan kancra bodas atau ikan dewa, kolam-kolam di Cibulan dibuka sebagai kolam pemandian umum. Tempat rekreasi cibulan sebagai tempat tujuan wisata di kuningan ini dilengkapi dengan fasilitas khas tempat pemandian bagi para pengunjung, seperti tempat ganti pakaian, 6 buah kamar kecil dan 2 buah kamar mandi untuk tempat bilas seusai berenang.