Kabupaten Kuningan Menjadi Tuan Rumah Invitasi Olahraga BMX Freestyle Tingkat Provinsi Jawa Barat 2021

DISPORAPAR Kabupaten Kuningan – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Dispora Jabar) menggelar Invitasi Olahraga Ekstrim BMX Freestyle Tingkat Provinsi Jawa Barat  Tahun 2021 selama dua hari, 15-16 November 2021 di Kabupaten Kuningan. Acara ini diikuti oleh utusan-utusan dari kabupaten/kota se-Jawa Barat.

Acara ini bekerja sama dengan Asosiasi BMX Indonesia Jawa Barat (ABI Jabar) dan Komite Olahraga Rekreasi Indonesia Jawa Barat (KORMI Jabar), Dispora Jawa Barat bermaksud mengenalkan lebih dekat kembali olahraga ekstrim BMX kepada seluruh lapisan masyarkat Jawa Barat.

Aksi keren ditampilkan puluhan rider dalam invitasi olahraga ekstrem BMX Freestyle di lapangan Pandapa Paramarta Kuningan, Jawa Barat. Setidaknya ada 97 rider dari sejumlah kabupaten dan kota di Jabar mengikuti kompetisi tersebut. Invitasi olahraga ekstrem BMX Freestyle ini rutin diadakan setiap tahun oleh Dispora Jabar. Adapun total hadiah yang dipersiapkan panitia mencapai Rp 22,75 juta.

“BMX Freestyle banyak sekali digandrungi  khususnya oleh kalangan muda yang haus tantangan dalam bersepeda sekaligus memancing kreatifitas milenial agar dapat melakukan kegiatan yang positif dan inovatif dan menjauhi kegiatan negatif seperti narkoba. Dengan demikian pembangunan bidang olahraga di Jawa Barat dapat berkembang dengan baik,” demikian ungkap Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Jabar  Dadang Abdulrakhman sebagai inisiator kegiatan tersebut.

Invitasi itu sendiri merupakan ajang tahunan yang seyogyanya dilakukan oleh Dispora Jabar untuk menggali potensi-potensi serta bakat dari kabupaten/kota di Jawa Barat  di bidang olahraga rekreasi, selain juga untuk menumbuh kembangkan pembangunan olahraga di daerah-daerah.

Bupati Kuningan, Acep Purnama dalam keterangan persnya, Selasa (16/11/2021), meminta, agar seluruh rider senantiasa menjunjung tinggi sportivitas dalam kompetisi. Namun paling utama tetap kedepankan keselamatan selama kompetisi berlangsung.

“Kita akan coba, nanti menggelar agenda olahraga ekstrem ini kalau bisa 3 kali dalam setahun. Kita juga akui, memang sarana prasarana olahraga ekstrem di Kuningan masih dirasakan kurang, insya Allah kedepan kita akan sempurnakan,” terangnya.

Tahun ini, Invitasi Olahraga Ekstrim BMX Freestyle Tingkat Provinsi Jawa Barat  mempertandingkan empat kategori yakni; BMX Park usia 16 tahun kebawah,  usia 16-18 tahun, usia 19 tahun ke atas dan BMX Flatland Open. Dari keempat kategori yang dipertandingkan tersebut sebagian besar peserta masuk pada Kategori BMX Park Usia 16-18 orang yang mencapai 30 orang.

Berikut adalah daftar pemenang  lomba BMX pada Invitasi Olahraga Ekstrim BMX Freestyle Tingkat Provinsi Jawa Barat  Tahun 2021:

1. BMX Park Senior 19 Tahun ke Atas :

– Juara 1, Maulana Arif Kab. Bandung Point 81.6

– Juara 2, Yusuf Ramdani Kab. Kuningan Point 72.3

– Juara 3, Azis Maulana Kota Cirebon Point 72

2. BMX Park Junior Usia 16-18 Tahun :

– Juara 1, Ahmad Syahrul Kota Bandung Point 73

– Juara 2, Juan Anakda Kota Bandung Point 70.6

– Juara 3, Faizul Muna Ilfa Kab. Bandung Point 66

3.  BMX Pemula Under 16 Tahun :

– Juara 1, Gilang Febriansyah Kab. Bekasi Point 66

– Juara 2, Ahmad Lutfhi Hardiansyah Kab. Bandung Point 57.6

– Juara 3, Fatra Dwinova Kota Bandung Point 47.6

4.  BMX Flatland Open (Semua Usia)

– Juara 1, Iyan Sopian Kota Bekasi Point 85.3

– Juara 2, Iwan Maruba S. Kota Bekasi Point 82.6

– Juara 3, Aceng Firdaus Kab. Bogor Point 72.6