Bupati Berharap Arung Surakatiga Menjadi Daya Tarik Wisata

BUPATI Kuningan H. Acep Purnama, melepas peserta Arung Surakatiga ke-23, di DAM Citangtu Kelurahan Citangtu, Kecamatan Kuningan, Minggu (26/8/2018). Acara itu rutin digelar setiap tahun dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Rid an Hari Jadi ke-520 Kuningan.

Tampak hadir Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Porapar) Kbupaten Kuningan,  Drs. Jaka Chaerul, M. Ridho Suganda, sesepuh pemuda warga Kelurahan Winduhaji yang juga Wakil Bupati Terpilih 2018-2023 serta  Bupati Kuningan periode 2004-2014 H. Aang Hamid Suganda.

Sebanyak 1448 peserta yang mengikuti Arung Surakatiga cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut.. Mereka  memanfaatkan saluran irigasi Surakatiga dengan jarak tempuh empat kilometer dari DAM Citangtu  Lapang sepak bola Kelurahan Winduhaji.

Arung Surakatiga merupakan salah satu agenda tahunan organisasi HOLS yang bertujuan pertama untuk menumbuhkan rasa memiliki terhadap saluran irigasi surakatiga sehingga seluruh masyarakat dapat tetap melestarikan keberadaan saluran surakatiga yang dirasakan sangat besar manfaatnya dalam menunjang kehidupan masyarakat.

Menurut Acep, kegiatan arung Surakatiga memiliki dampak baik bagi masyarakat. Selain bisa menjadi sarana hiburan bagi masyarakat juga bisa menjadi atraksi wisata yang diminati wisatawan.

“Sudah tentu dengan banyaknya wisatawan yang datang ke Kabupaten Kuningan maka dengan sendirinya akan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat di sekitar perairan Surakatiga,” kata Bupati Acep Purnama.